PKKM 2023 | RKTM

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.           LATAR BELAKANG

 

Pengalaman menunjukan bahwa setiap perubahan managerial – pengembangan Madrasah mengikuti selera pengelola madrasah. Permendiknas 19 Tahun 2007,Permendikbud Nomor  17 Tahun 2010 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Menuntut Madrasah membuat Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKA) dilaksanakan berdasarkan RKJM.

 Kepastian kelangsungan pengembangan madrasah akan mendapat jaminan setelah RKM dibuat sesuai kebutuhan madrasah yang melibatkan  warga madrasah. Pergantian managerial madrasah tidak harus diikuti dengan perubahan rencana kegiatan dan pengembangan madrasah. RKM mempunyai arti penting bagi semua unsur untuk dipedomani.

.           Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebenarnya merupakan jawaban dari terhadap semakin  kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan sekaligus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan .

Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan tersebut , Madrasah diharapkan memiliki alternatif dan kebijakan / langkah yang dapat diterima oleh masyarakat . Segala potensi yang ada diMadrasah di optimalkan agar menjadi Madrasah yang berprestasi, berdisiplin, berbudaya, dilandasi iman dan taqwa, sesuai dengan visinya dan kondisi obyektif Madrasah. Maka untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut perlu dilaksanakan berbagai macam kegiatan yang antara lain :

1.    Pemantapan pelaksanaan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan orang tua murid.

2.    Peningkatan jumlah jenis dan mutu sebagai peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidikan.

3.    Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebagai usaha pelayanan pendidikan yang merata.

4.    Peningkatan mutu pendidikan

5.    Sebagai kegiatan yang bersifat kemasyarakatan.

Kegiatan – kegiatan tersebut di atas harus ditunjang dengan pelayanan administrasi Madrasah yang terencana, teratur, terarah, dan berkesinambungan yang dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja Madrasah Tahunan  (RKM).

Rencana Kerja Madrasah ini dimaksudkan agar dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan oleh kepala Madrasah dalam mengambil  kebijakan, disamping itu sebagai pedoman dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan progam belajar mengajar dan administrasi Madrasah  yang lain, agar pengelola Madrasah tidak menyimpang dari prinsip – prinsip manajemen.

Keberhasilan perencanaan ini menurut peran serta aktif dari segala warga Madrasah dan dukungan dari warga masyarakat. Seluruh komponen Madrasah harus mempunyai persepsi yang sama terhadap visi dan misi sehingga seluruh progam yang dijalankan oleh Madrasah tidak menyimpang dari visi dan misi tersebut.

 

B.    SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH TSANAWIYAH TAUHIDUL AFKAR

 

Tauhidul Afkar  adalah merupakan sebuah Yayasan  Pendidikan yang mencakup pendidikan formal dan non formal (kepesantrenan).  Jauh sebelum didirikannya lembaga pendidikan Formal  MTs Tauhidul Afkar Tahun 2014.berdiri Pondok Pesantrean Tauhidul Afkar yang menampung Santri putra dan Santri Putri yang bersekolah Formal di MTs Negeri Ciherang dan Man Ciherang.

Pondok Pesantrna Tauhidul Afkar berdiri sejak tahun 1972, tetapi hanya memiliki lembaga pendidikan non formal saja yaitu berbentuk pengajian majlis ta’lim, pengajian diniyah dan pengajian anak-anak pesantren belum  berkembang menjadi pendidikan formal, kemudian pada bulan Desember 2014 pengurus Yayasan  Tauhidul Afkar bermusyawarah untuk mendirikan lembaga Pendidikan Formal Tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Atas memiliki lembaga pendidikan formal yang selanjutnya diberi nama Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar dan Sekolah Menengah Atas Plus Tauhidul Afkar   hal ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan pendidikan Formal.

Sesuai dengan namanya. Tauhidul Afkar memiliki  visi dan misi. Adapun visi tersebut adalah Membentuk pribadi  yang mandiri, berbudaya, berwawasa luas dan berakhlakul karimah yang siap menyongsong masa depan. Sedangkan misinya adalah: mensukseskan wajib belajar pendidikan nasional 9 tahun, meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan, menumbuhkembangkan potensi peserta didik, menciptakan budaya sekolah yang harmonis serta membina mental spiritual.

 

 

C.    TUJUAN PENYUSUNAN  RENCANA KERJA MADRASAH

 

1.      Tujuan Umum  

Secara Garis besarnya Yang menjadi tujuan Umum penyusunan Rencana kerja Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Adalah :

1.1.Mengetahui semua potensi Madrasah yang ada untuk dapat diolah dan dikembangkan

1.2    Sebagai pedoman operasional dalam mengelola Madrasah selama satu tahun pelajaran dan tahun – tahun berikutnya.

1.3    Memiliki tolok ukur keberhasilan / ketidak berhasilan dalam mengelola Madrasah selama satu tahun pelajaran.

1.4  Mengetahui permasalahan – permasalahan yang timbul di Madrasah yang kemudian menjadi hambatan, peluang atau ancaman pengembangan Madrasah

 penyusunan Utama Rencana Kerja Madrasah tsanawiyah Tauhidul Afkar pacet. Kab. Cianjur  adalah agar madrasah  dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan madrasah   dapat dicapai. RKT juga menjamin bahwa semua program dan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan madrasah sudah memperhitungkan harapan-harapan pemangku kepentingan dan kondisi nyata madrasah. Oleh sebab itu, proses penyusunan RKTM harus melibatkan semua pemangku kepentingan.

2.        Tujuan  Khusus  penyusunan RKM ini adalah untuk menjamin pelaksanan Pendidikan madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar

1.        Melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna dan terarah

2.        Melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna dan terarah.

3.        Melaksanakan administrasi pendidikan secara rapi dan teratur

4.        Menjamin agar perubahan/tujuan Madrasah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;

5.        Mendukung koordinasi antar pelaku Madrasah;

6.        Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku Madrasah, antar Madrasah dan dinas pendidikan;

7.        Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;

8.        Mengoptimalkan partisipasi warga Madrasah dan masyarakat;

9.        Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

10.    Melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kalender pendidikan dan kelender kegiatan Madrasah  dengan hasil yang lebih optimal.

 

D.           MANFAAT PENYSUSUNAN RENCANA KERJA MADRASAH

 

RKM  penting dimiliki untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku Madrasah /  pengelola  dalam rangka menuju perubahan atau tujuan Madrasah  yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.  RKM diharapkan dapat dijadikan sebagai:

1.             Pedoman kerja (kerangka acuan) untuk perbaikan dan pengembangan  Madrasah,

2.             Sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah,

3.             Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan usulan pendanaan

         pengembangan Madrasah.

 

E.           LANDASAN HUKUM

Landasan yuridis penyusunan Panduan Penyusunan dan Pengembangan

1.     Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

2.     Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587);

3.     Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005;

4.     Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

5.     Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama;

6.     Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 1382) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 60 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1733)

7.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan dan Dasar di Kabupaten/Kota;

8.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah;

9.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;

10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler.

11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan

12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2014 jo Permendikbud Nomor 45 Tahun 2015 tentang Peran Guru TIK dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013.

13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal

14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013;

16. Peraturan Menteri Agama Nomor  207 Tahun 2014 tentang  Kurikulum Madrasah;

17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;

19. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;

20. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;

21. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah;

22. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar pada Kurkulum 2013;

23. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 46 tahun 2016 tentang Linearitas Mata Pelajaran;

24. Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Panduan Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab;

25. Keputusan Menteri Agama Nomor 103 Tahun 2016 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah Bersertifikat Pendidik;

26. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 481 Tahun 2015 tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2014/2015;

27. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3932 Tahun 2015 tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2015/2016;

28. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5114 Tahun 2016 tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2016/2017.

29. Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor 69 Tahun 2013 tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah Pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

30. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor. 3459.A/Dj.I/PP.01.1/08/2016 tanggal 29 Agustus 2016. Tentang Penyesuaian Kode Mapel Sertifikasi Guru dan Kewenangan Mengajar pada Madrasah;

31. Surat Direktur Kurikulum Sarpras, Kesiswaan dan Kelembagaan Madrasah Nomor360/Dj.I/Dt.I.I.I/PP.00/04/2017 tanggal 17 April 2017 tentang Daftar Rumpun PAI dan Bahasa Arab.

32. Rencana Kegiatan  Madrasah (RKM) MTs Tauhidul Afkar Pacet  tahun 2016-2020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

 

A.     Visi Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Pacet Kab. Cianjur

 

Visi MTs. Tauhidul Afkar Pacet adalah “Cerdas dan berakhlak Mulia. 

Adapun indikator visinya sebagai berikut.

1.         Peningkatan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun

2.        Memiliki daya saing dalam prestasi UASBN

3.        Memiliki daya saing dalam prestasi olimpiade matematika, IPA, KIR pada tingkat

       lokal,  nasional dan/atau internasional

4.         Pengembangan proses penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar isi, standar proses, dan standar ketenagaan.

5.         Pengembangan proses pembelajaran yang mendorong siswa berprestasi, disiplin, berakhlak mulia, memiliki etos kerja tinggi, kreatif, kritis, dan bertanggung jawab

6.         Pengembangan minat dan bakat siswa dan berprestasi dan mempunyai daya saing dalam binag Olah raga dan Seni

7.         Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan keagamaan

8.         Pengembangan kepedulian Terhadap Lingkungan

9.         Tumbuhnya kerja sama dan  kebersamaan

B. Misi Madrasah Tsnawiyah Tauhidul Afkar Pacet Kab. Cianjur

Untuk mencapai visi madrasah tersebut, misi dari penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut:

1.        Menumbuh kembangkan sikap dan amaliah keagamaan Islam

2.        Menumbuhkan dan meningkatkan minat baca dan tulis

3.        Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.

4.        Meningkatkan pencapaian rata-rata nilai Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UASBN)

5.        Mengembangkan kemampuan berbahasa arab dan berbahasa inggris untuk anak-anak

6.        Meningkatkan sarana prasarana untuk meningkatkan pencapaian prestasi akademik dan non akademik

7.        Memberdayakan lingkungan madrasah sebagai sumber belajar

8.        Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh steakholder madrasah dan komite madrasah

9.        Membangun citra madrasah sebagai mitra terpercaya masyarakat

10.    Menciptakan lingkungan madrasah yang aman, sehat, bersih dan indah

 

 

C.     Tujuan

Tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Pacet Kab. Cianjur adalah:

1.        Dapat memenuhi standar isi dan standar proses

2.        Memiliki guru dan karyawan yang dapat melaksanakan tugas sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan

3.        Terlaksananya pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik siswa

4.        Memiliki sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan kebutuhan

5.        Prestasi akademis meningkat dari tahun ke tahun

6.        Menjadi juara dalam berbagai perlombaan akademik dan non kademik

7.        Terwujudnya kelembagaan dan manajemen madrasah yang dinamis

 

7 Nilai Utama  :

1.       Sayang diri dan orang lain

2.      Berpikiran kreatif dan optimis

3.      Berhati tulus dan percaya diri

4.      Berjiwa mandiri dan luwes

5.      Bersikap ilmiah dan bersahaja

6.      Bekerjasama dan saling menolong

7.      Berusaha menjadi teladan.

 

 

 

BAB III

PROGRAM STRATEGIS

MADRASAH TSANAWOYAH TAUHIDUL AFKAR

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

A.  SASARAN

 

Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai madrasah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan madrasah. Penetapan sasaran madrasah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.

Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja madrasah per-kategori:

 

1.  Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.  Tersedianya dokumen KTSP dan kurtilas seluruh mata pelajaran

 

b.  Guru paham tentang KTSP dan kurtilas

 

c.  Guru mampu membuat silabus madrasah sesuai standar isi

 

d.  Guru paham dan mampu membuat PTK

 

e.  Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru

 

f.   Meningkatnya minat baca siswa

 

g.  Pembelian buku sebagai literatur tambahan

 

h.  Perpustakaan yang representatif

 

 

2.  Administrasi dan Manajemen Madrasah

 

a.  Peraturan madrasah tersedia dan terlaksana dengan baik

 

b.  Semua guru mengikuti sertifikasi

 

c.  Semua guru lolos sertifikasi

 

 

3.  Organisasi dan kelembagaan

 

a.  Peraturan khusus madrasah tersedia dan terlaksana dengan baik

 

b.  Guru dan karyawan mampu membuat proposal kerja sama

 

 

 

 

4.  Sarana dan Prasarana

 

a.  Tersedianya ruang Guru

b.  Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap

c.  Fasilitas penunjang perpustakaan lengkap

d.  Guru mampu mengoperasikan komputer dengan baik

                e.  Jaringan listrik dalam keadaan baik

f.   Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi

g.  Terlaksananya rehabilitasi ruang kelas, TU, dan

h.  Sarana kesenian lengkap

 

5.  Ketenagaan

 

a.  Tersedianya program kehumasan

 

b.  Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran

 

c.  Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

 

 

6.  Pembiayaan dan pendanaan

 

a.  Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan madrasah

b.  Meningkatnya prestasi siswa dan madrasah

c.  Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder

 d.  Tersusunnya RKAS tepat waktu

e.  Semua guru pernah mengikuti pelatihan sehingga kualitasnya  meningkat

 

f.   Mengoptimalkan promosi Madrasah melalui media cetak dan elektronik

 

 

7.  Peserta Didik

 

a.  Semua guru mengikuti pelatihan peningkatan materi pengetahuan

 

b.  Siswa baru yang berprestasi dan lebih berkualitas

 

c.  Guru lebih berkualitas dan mampu mengemas program dengan menarik

 

d.  Guru  mampu  melakukan  pembimbingan  khusus  bagi  siswa  bermasalah dengan lebih baik

e.  Kesejahteraan guru meningkat

 

 

 

8.  Peran serta Masyarakat

 

a.  Keterlibatan komite madrasah kembali aktif sesuai dengan fungsinya

 

b.  Hubungan madrasah dengan komite madrasah lebih baik

 

c.  Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat

 

 

 

9.  Lingkungan dan Budaya Madrasah

 

a.  Pemagaran madrasah

 

b.  Pembuatan taman madrasah

 

 

c.  Menanamkan kesadaran perluinya partisipasi masyarakat dan stekjholder madrasah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

B.  PROGRAM

 

Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan

Berikut ini kami uraikan program madrasah per-kategori:

 

1.  Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.  Pengaturan waktu dan  penggalangan dana

 b.  Pembuatan KTSP dan Kurtilas

c.  Peningkatan kompetensi guru

d.  Pengadaan buku literatur

e.  Standar ideal jam mengajar

    f.  Perluasan perpustakaan

g.  Penambahan buku-buku yang menarik

 

h.  Penugasan studi literatur di perpustakaan

 

i.   Peningkatan pemahaman guru mengenai kecakapan hidup

 

 

 

 

 

 

2.  Administrasi dan Manajemen Madrasah

 

a.  Sosialisasi peraturan madrasah kepada guru dan karyawan

b.  Pembuatan rencana pelatihan

c.  Pelaksanaan pelatihan sertifikasi guru

 

 

 

3.  Organisasi dan kelembagaan

 

a.  Pembuatan usulan peraturan

 

b.  Pembuatan proposal kemitraan

 

 

 

4.  Sarana dan Prasarana

 

a.  Pembangunan ruang Wakamad

b.  Pembangunan ruang multimedia

c.  Pengadaan perabot pengganti

d.  Perbaikan perabot rusak

 

e.  Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan fasilitas penunjang perpustakaan

f.  Pendataan,  pembuatan,   pengajuan  proposal   dan  pengadaan   sarana  dan prasarana laboratorium IPA

g.  Pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.

h.  Pengajuan dan pelaksanaan perbaikan jaringan listrik

i.   Pendataan, pengajuan, pemasangan, dan perawatan komputer

 

j.   Pembentukan panitia, pembuatan proposal, pencarian dana dan pelaksanaan rehabilitasi masjid

k.  Pendataan, pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan sarana kesenian

 

 

5.  Ketenagaan

 

a.  Pembuatan program kehumasan

b.  Sosialisasi pola kerjasama

c.  Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung

 

 

 

6.  Pembiayaan dan pendanaan

 

a.  Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan madrasah

b.  Peningkatan prestasi siswa dan madrasah

 

c.  Membuat program madrasah yang memiliki daya tarik

d.  Menjalin kerjasama dengan stakeholder

e.  Komunikasi yang intensif dengan stakeholder

f.  Penyusunan RKABS

g.  Pencarian informasi pelatihan dan peningkatan mutu guru.

 

h.  Mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan peningkatan mutu.

 

7.  Peserta Didik

 

a.  Peningkatan kompetensi guru

 

b.  Sistem penjaringan siswa berprestasi

 c.  Pelatihan mengemas program

d.  Peningkatan kualitas bimbingan dan penyuluhan

e.  Peningkatan kesejahteraan guru

f.  Peningkatan sistem  seleksi

 

8.  Peran serta Masyarakat

 

a.  Membentuk komite madrasah yang baru

 

b.  Sosialisasi program madrasah dan peran komite

 

c.  Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite

 

d.  Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program madrasah

e.  Pertemuan dengan komite madrasah

f.  Kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

 

9.  Lingkungan dan Budaya  Madrasah

       a.  Pembuatan pagar madrasah

b.  Pembuatan taman madrasah

c.  Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

C.  INDIKATOR KEBERHASILAN

 

Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.

Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program madrasah per- kategori:

1.   Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.  Tersedianya dokumen KTSP dan Kurtilas secara lengkap

b.  Guru mampu membuat dokumen KTSP dan Kurtilas

c.  Adanya KTSP dan Kurtilas

 

d.  Seluruh guru memahami KTSP dan Kurtilas

 

e.  Tersedianya silabus madrasah sesuai standar isi

f.  Tersedianya literatur tambahan

g.  Adanya guru-guru berprestasi

 

h.  Guru mampu melaksanakan PTK

i.   Jam mengajar guru maksimal 24 jam

 

j.   Tersedianya ruang perpustakaan yang luas dan representatif

k.  Tersedianya buku-buku menarik

l.   Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan meningkat

 m. Guru memahami kecakapan hidup

 

 

 

 

 

2.   Administrasi dan Manajemen Madrasah

 

a.  Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan madrasah

b.  Terbuatnya rencana pelatihan

c.  Guru-guru  100% lolos sertifikasi

 

 

3.   Organisasi dan kelembagaan

 

a.  Usulan peraturan terbentuk

 

b.  Terjalinnya kerja sama dengan lembaga lain

 

 

4.   Sarana dan Prasarana

 

a.  Tersedianya ruang GUru

 

b.  Penggantian dan perbaikan perabot rusak

 

c.  Fasillitas penunjang perpustakaan dilengkapi

 

d.  Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi

 

e.  Terpasangnya jaringan internet dan penggunaannya yang sesuai

f.  100% guru menguasai pengoperasian komputer

g.  Jaringan listrik tidak mengalami gangguan

h.  Lengkapnya sarana listrik di kelas

i.   Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan

 

j.   Terkumpulnya dana dan terpenuhinya kebutuhan sarana kesenian

 

 

 

5.   Ketenagaan

 

a.  Terbuatnya program kehumasan

 

b.  Guru mampu menjalin kerjasama dengan pihak luar c.  Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

 

 

6.   Pembiayaan dan pendanaan

 

a.  Jumlah siswa baru meningkat

 

b.  Prestasi siswa dan madrasah meningkat

 

c.  Perhatian stakeholder terhadap madrasah meningkat


d.  Komunikasi berjalan secara harmonis dua arah

e.  Tersusunnya RKABS tepat waktu

f.  Madrasah mudah mendapatkan akses informasi pelatihan

 

g.  Semua guru mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan peningkatan mutu

h.  Madrasah lebih dikenal oleh masyarakat

 

 

7.   Peserta Didik

 

a.  Semua guru mengikuti pelatihan

 

b.  Banyak siswa baru yang memiliki prestasi

 

c.  Guru mampu mengemas program dengan menarik

 

d.  Siswa dan orang tua merasa puas dengan pembimbingan madrasah

 e.  Kesejahteraan guru meningkat

f.  Terjaringnya siswa baru yang berkualitas

 g.  Kualitas guru meningkat

 

 

8.   Peran serta Masyarakat

 

a.  Terbentuknya komite yang sinergis dengan madrasah dan memiliki kemauan dan perhatian yang lebih untuk kemajuan madrasah

b.  Komite memahami tugas dan perannya

 

c.  Hubungan komite dan madrasah berjalan secara sinergi

 

d.  Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan madrasah

e.  Terbentuknya Komite madrasah

f.  Adanya pertemuan rutin dengan komite

 

g.  Lembaga masyarakat terlibat kerjasama dengan madrasah

 

9.   Lingkungan dan Budaya Madrasah

               a.   Pembuatan pagar madrasah

b.   Pembuatan taman sejkolah

 

 

 

 

D.  KEGIATAN

 

Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bias diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan  dilakukan  dengan  cara  membuat  daftar  kegiatan  yang  terkait  dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator  keberhasilan  yang telah  dirumuskan, dan  dapat diperkirakan  biaya atau anggarannya.

Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan madrasah per-kategori:

 

1.   Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.  Pelatihan pembuatan KTSP dan Kurtilas

 

b. Pelaksanaan pembuatan KTSP dan Kurtilas

 

c.  Mengadakan MGMP internal (IHT)

 

d. Mengadakan workshop internal kompetensi guru

 

e.  Pengadaan literatur tambahan

 

f.  Mengikutsertakan guru dalam lomba-lomba

 

g. Pelatihan PTK

 

h. Pengajuan usulan penyesuaian jam mengajar

 

i.  Perluasan ruang perpustakaan

 

j.  Pengadaan buku-buku tambahan

 

k. Penugasan studi literatur di perpustakaan

 

2.

Administrasi dan Manajemen Madrasah

 

a.  Rapat koordinasi guru dan karyawan

 

 

b.  Pelatihan sertifikasi

 

.

 

 

 

Organisasi dan kelembagaan

 

 

 

3.

 

Sarana dan Prasarana

 

a.  Pengerjaan pembangunan ruang Guru

 

b.  Pengajuan penggantian perabot rusak

 

c.  Perbaikan perabot rusak

 

d.  Pendataan   kebutuhan,   pembuatan   dan   pengajuan   proposal,

 

fasilitas penunjang perpustakaan

melengkapi

.e.   Mengikutsertakan guru dalam pelatihan kecakapan hidup

 

f.  Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana lab IPA

g.  Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan penggunaannya

h.  Pelatihan komputer

i.  Pengajuan perbaikan jaringan listrik

j.   Perbaikan jaringan listrik

k.   Pengajuan dan pemasangan komputer dan printer serta perawatannya

 

l.  Pembentukan   panitia   rehab,   pembuatan   proposal,   pencarian   dana   dan pelaksanaan pembangunan

m.   Pendataan, pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan kebutuhan sarana kesenian

 

4.   Ketenagaan

 

a.  Penyusunan program kehumasan

 b.  Sosialisasi pola  kerjasama

c.  Pengajuan tambahan tenaga pendukung

 

 

5.   Pembiayaan dan pendanaan

 

a.  Meningkatkan kualitas pelayanan madrasah

b.  Meningkatkan prestasi siswa dan madrasah

c.  Pembuatan program kerjasama dengan pihak lain

d.  Peningkatan kerjasama dengan stakeholder

e.  Meningkatkan intensitas komunikasi dengan stakeholder

f.  Penyusunan RKABS

g.  Pencarian informasi pelatihan dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan peningkatan mutu.

h.  Melakukan publikasi melalui media cetak dan elektronik

 

 

 

6.   Peserta Didik

 

a.  Pelatihan materi bagi guru

 

b.  Seleksi masuk bagi siswa baru

 

c.  Meningkatkan kualitas bimbingan dan penyuluhan

 

d.  Menyiapkan perangkat tes seleksi masuk yang berbobot

e.  Mengikutsertakan guru dalam pelatihan kompetensi guru

 

7.   Peran serta Masyarakat

 

a.  Mengundang semua orang tua siswa

 

b.  Membentuk pengurus komite madrasah

c.  Sosialisasi program madrasah

 

d.  Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan madrasah

 e.  Melibatkan komite dalam program-program madrasah

f.  Pertemuan dengan komite

 

g.  Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

 

8.   Lingkungan dan Budaya Madrasah

 

a.   Selasainya pembuatan pagar madrasah

b.   Selesainya Pembuiatan taman sejkolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PROGRAM OPERSIONAL

MADRASAH TSANAWiYAH TAUHIDUL AFKAR

TAHUN PELAJARAN2018/2019

 

 

 

 

A.  SASARAN

 

Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai madrasah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan madrasah/madrasah. Penetapan sasaran madrasah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.

Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja madrasah per-kategori:

 

1.  Kurikulum dan Pembelajaran

 

d.  Tersedianya dokumen KTSP dan Kurtilas seluruh mata pelajaran

 

e.  Guru paham tentang KTSP dan Kurtilas

 

f.   Guru mampu membuat silabus madrasah sesuai standar isi

 

g.  Guru paham dan mampu membuat PTK

 

h.  Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru

 

i.   Meningkatnya minat baca siswa

 

j.   Pembelian buku sebagai literatur tambahan

 

k.  Perpustakaan yang representatif

 

l.   Guru paham tentang kecakapan hidup

 

 

 

2.  Administrasi dan Manajemen Madrasah

 

a.  Peraturan madrasah tersedia dan terlaksana dengan baik

b.  Semua guru mengikuti sertifikasi

c.  Semua guru lolos sertifikasi

 

 

 

 

 

3.  Organisasi dan kelembagaan

 

a.  Peraturan khusus madrasah tersedia dan terlaksana dengan baik

b.  Guru dan karyawan mampu membuat proposal kerja sama

 

 

4.  Sarana dan Prasarana

 

a.  Tersedianya ruang Wakamad

 

b.  Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap

 c.  Fasilitas penunjang perpustakaan lengkap

d.  Sarana dan prasarana laboratorium IPA yang lengkap

e.  Jaringan internet untuk PBM terpasang

 

f.   Guru mampu mengoperasikan komputer dengan baik

g.  Jaringan listrik dalam keadaan baik

h.  Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi

i.   Terlaksananya rehabilitasi masjid

j.   Sarana kesenian lengkap

 

 

 

5.  Ketenagaan

 

a.  Tersedianya program kehumasan

 

b.  Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran

c.  Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

 

 

6.  Pembiayaan dan pendanaan

 

a.       Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas

pelayanan madrasah

b.  Meningkatnya prestasi siswa dan madrasah

 

c.  Banyak investor tertarik untuk menambah pembiayaan madrasah

d.  Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder

e.  Tersusunnya RKAS tepat waktu

 

f.   Semua guru pernah mengikuti pelatihan sehingga kualitasnya meningkat

g.  Mengoptimalkan promosi Madrasah melalui media cetak dan elektronik

 

 

7.  Peserta Didik

 

a.  Semua guru mengikuti pelatihan peningkatan materi pengetahuan

b.  Siswa baru yang berprestasi dan lebih berkualitas

c.  Guru lebih berkualitas dan mampu mengemas program dengan menarik

 

d.  Guru  mampu  melakukan  pembimbingan  khusus  bagi  siswa  bermasalah dengan lebih baik

e.  Kesejahteraan guru meningkat

 

 

 

8.  Peran serta Masyarakat

 

a.  Keterlibatan komite madrasah kembali aktif sesuai dengan fungsinya

 b.  Hubungan madrasah dengan komite madrasah lebih baik

c.  Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat

 

 

9.  Lingkungan dan Budaya Madrasah

 

a.   Selasainya pembuatan pagar madrasah

b.   Selesainya Pembuiatan taman sejkolah

c.   Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  PROGRAM

 

Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan

Berikut ini kami uraikan program madrasah per-kategori:

 

1.  Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.   Pengaturan waktu dan penggalangan dana

b.   Pembuatan KTSP dan Kurtilas

c.   Peningkatan kompetensi guru

d.   Pengadaan buku literatur

e.   Standar ideal jam mengajar

f.   Perluasan perpustakaan

g.   Penambahan buku-buku yang menarik

 

h.   Penugasan studi literatur di perpustakaan

 

i.   Peningkatan pemahaman guru mengenai kecakapan hidup

 

 

 

2.  Administrasi dan Manajemen Madrasah

 

a.   Sosialisasi peraturan madrasah kepada guru dan karyawan

b.   Pembuatan rencana pelatihan

c.   Pelaksanaan pelatihan sertifikasi guru

 

 

 

3.  Organisasi dan kelembagaan

 

a.   Pembuatan usulan peraturan

 

b.   Pembuatan proposal kemitraan

 

 

 

4.  Sarana dan Prasarana

 

a.   Pembangunan ruang Wakamad

b.   Pembangunan ruang multimedia

c.   Pengadaan perabot pengganti

d.   Perbaikan perabot rusak

 

e.   Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan fasilitas penunjang perpustakaan

f.   Pendataan,  pembuatan,   pengajuan  proposal   dan  pengadaan   sarana  dan prasarana laboratorium IPA

g.   Pengusulan dan pelaksanaan pelatihan penggunaan laboratorium bahasa bagi guru

h.   Pengajuan tenaga laboran dan pelatihan bagi tenaga laboratorium bahasa

 i.   Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam  penggunaannya.

 

j.   Pengajuan dan pelaksanaan perbaikan jaringan listrik

 

k.   Pendataan, pengajuan, pemasangan, dan perawatan printer dan computer

 l.   Pendataan, pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan sarana kesenian

 

 

 

5.  Ketenagaan

 

a.   Pembuatan program kehumasan

b.   Sosialisasi pola kerjasama

c.   Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung

 

 

 

6.  Pembiayaan dan pendanaan

 

a.   Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan madrasah

b.   Peningkatan prestasi siswa dan madrasah

 

c.   Membuat program madrasah yang memiliki daya tarik

d.   Menjalin kerjasama dengan stakeholder

e.   Komunikasi yang intensif dengan takeholder

f.   Penyusunan RKAS

g.   Pencarian informasi pelatihan dan peningkatan mutu guru.

 

h.   Mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan peningkatan mutu.

 i.   Publikasi madrasah

 

 

7.  Peserta Didik

 

a.   Peningkatan kompetensi guru

 

b.   Sistem penjaringan siswa berprestasi

c.   Pelatihan mengemas program

 

d.   Peningkatan kualitas bimbingan dan penyuluhan

e.   Peningkatan kesejahteraan guru

f.   Peningkatan sistem  seleksi

 

 

 

8.  Peran serta Masyarakat

 

a.   Membentuk komite madrasah yang baru

 

b.   Sosialisasi program madrasah dan peran komite

 

c.   Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite

 

d.   Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program madrasah

 e.   Pertemuan dengan komite madrasah

f.   Kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

 

 

9.  Lingkungan dan Budaya Madrasah

      a.   Pembuatan pagar madrasah

b.   Pembuatan taman sejkolah

 

c.   Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

 

 

 

 

 

 

C.  INDIKATOR KEBERHASILAN

 

Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.

Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program madrasah per- kategori:

1.   Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.   Tersedianya dokumen KTSP dan Kurtilas secara lengkap

b.   Guru mampu membuat dokumen KTSP dan Kurtilas

c.   Adanya KTSP dan Kurtilas

d.   Seluruh guru memahami KTSP dan Kurtilas

 

e.   Tersedianya silabus madrasah sesuai standar isi

f.   Tersedianya literatur tambahan

g.   Adanya guru-guru berprestasi

 

h.   Guru mampu melaksanakan PTK

 

i.   Jam mengajar guru maksimal 24 jam

 

j.   Tersedianya ruang perpustakaan yang luas dan representatif

k.   Tersedianya buku-buku menarik

l.   Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan meningkat

m. Guru memahami kecakapan hidup

 

 

2.   Administrasi dan Manajemen  Madrasah

 

a.   Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan madrasah

b.   Terbuatnya rencana pelatiha

 

3.   Organisasi dan kelembagaan

 

a.   Usulan peraturan terbentuk

 

b.   Terjalinnya kerja sama dengan lembaga lain

 

 

 

4.   Sarana dan Prasarana

 

a.   Tersedianya ruang Wakamad

 b.   Tersedianya ruang multimedia

c.   Penggantian dan perbaikan perabot rusak

 

d.   Fasillitas penunjang perpustakaan dilengkapi

 

e.   Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi

 

f.   Terpasangnya jaringan internet dan penggunaannya yang sesuai

g.   100% guru menguasai pengoperasian komputer

h.   Jaringan listrik tidak mengalami gangguan

i.   Lengkapnya sarana listrik di kelas

j.   Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan

 

k.   Terkumpulnya dana dan terpenuhinya kebutuhan sarana kesenian

 

 

 

5.   Ketenagaan

 

a.   Terbuatnya program kehumasan

b.   Guru mampu menjalin kerjasama dengan pihak luar

 c.   Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

 

 

6.   Pembiayaan dan pendanaan

 

a.   Jumlah siswa baru meningkat

 

b.   Prestasi siswa dan madrasah meningkat

 

c.   Investor berminat untuk menjalin kerja sama

 

d.   Perhatian stakeholder terhadap madrasah meningkat

e.   Komunikasi berjalan secara harmonis dua arah

f.   Tersusunnya RKAS tepat waktu

 

g.   Madrasah mudah mendapatkan akses informasi pelatihan

 

 

 

 

7.   Peserta Didik

 

a.   Semua guru mengikuti pelatihan

 

b.   Banyak siswa baru yang memiliki prestasi

 

c.   Guru mampu mengemas program dengan menarik

 

d.   Siswa dan orang tua merasa puas dengan pembimbingan madrasah

e.   Kesejahteraan guru meningkat

f.   Terjaringnya siswa baru yang berkualitas

g.   Kualitas guru meningkat

 

 

8.   Peran serta Masyarakat

 

a.   Terbentuknya komite yang sinergis dengan madrasah dan memiliki kemauan dan perhatian yang lebih untuk kemajuan madrasah

b.   Komite memahami tugas dan perannya

 

c.   Hubungan komite dan madrasah berjalan secara sinergi

 

d.   Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan

e.   Terbentuknya Komite madrasah

f.   Adanya pertemuan rutin dengan komite

 

g.   Lembaga masyarakat terlibat kerjasama dengan madrasah

 

 

 

9.   Lingkungan dan Budaya Madrasah

 

a.   Selasainya pembuatan pagar madrasah

b.   Selesainya Pembuatan taman madrasah

 

c.   Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.  KEGIATAN

 

Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan  dilakukan  dengan  cara  membuat  daftar  kegiatan  yang  terkait  dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator  keberhasilan  yang telah  dirumuskan, dan  dapat diperkirakan  biaya atau anggarannya.

Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan madrasah per-kategori:

 

1.   Kurikulum dan Pembelajaran

 

a.  Pelatihan pembuatan KTSP dan Kurtilas

 

b.  Pelaksanaan pembuatan KTSP dan Kurtilas

 

c.  Mengadakan MGMP internal (IHT)

 

d.  Mengadakan workshop internal kompetensi guru

 

e.  Pengadaan literatur tambahan

 

f.   Mengikutsertakan guru dalam lomba-lomba

 

g.  Pelatihan PTK

 

h.  Pengajuan usulan penyesuaian jam mengajar

 

i.   Perluasan ruang perpustakaan

 

j.   Pengadaan buku-buku tambahan

 

k.  Penugasan studi literatur di perpustakaan

 

l.   Mengikutsertakan guru dalam pelatihan kecakapan hidup

 

 

2.   Administrasi dan Manajemen Madrasah

      a.   Rapat koordinasi guru dan karyawan

 b.   Pelatihan sertifikasi

 

3.   Organisasi dan kelembagaan

 

a.   Pengajuan proposal kemitraan


4.   Sarana dan Prasarana

 

a.   Pengerjaan pembangunan ruang Wakamad

b.   Pengajuan penggantian perabot rusak

c.   Perbaikan perabot rusak

 

d.   Pendataan   kebutuhan,   pembuatan   dan   pengajuan   proposal,   melengkapi fasilitas penunjang perpustakaan

e.   Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana lab. IPA

f.   Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan penggunaannya

 g.   Pelatihan komputer

h.   Pengajuan perbaikan  jaringan listrik

i.   Perbaikan jaringan listrik

j. Pengajuan dan pemasangan komputer dan printer serta perawatannya

 

k.   Pendataan, pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan kebutuhan sarana kesenian

 

5.   Ketenagaan

 

a.   Penyusunan program kehumasan

b.   Sosialisasi pola kerjasama

c.   Pengajuan tambahan tenaga pendukung

 

 

6.   Pembiayaan dan pendanaan

 

a.   Meningkatkan kualitas pelayanan madrasah

b.   Meningkatkan prestasi siswa dan madrasah

c.   Peningkatan kerjasama dengan stakeholder

d.   Meningkatkan intensitas komunikasi dengan stakeholder

e.   Penyusunan RKABS

f.   Pencarian informasi pelatihan dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan peningkatan mutu.

 

 

7.   Peserta Didik

 

a.   Pelatihan materi bagi guru

 

b.   Seleksi masuk bagi siswa baru

 

c.   Meningkatkan kualitas bimbingan dan penyuluhan

 

d.   Menyiapkan perangkat tes seleksi masuk yang berbobot

e.   Mengikutsertakan guru dalam pelatihan kompetensi guru 

         8.   Peran serta Masyarakat

 

a.   Mengundang semua orang tua siswa

 

b.   Membentuk pengurus komite madrasah

c.   Sosialisasi program madrasah

d.   Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan madrasah

e.   Melibatkan komite dalam program-program madrasah

f.   Pertemuan dengan komite

 

g.   Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

 

 

9.   Lingkungan dan Budaya Madrasah

      a.   Membuat  pagar madrasah

b.   Membuata taman madrasah

 

c.   Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

JADWAL PROGRAM/KEGIATAN TAHUNAN TAHUN 2018/2019

 

 

 

 

Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan madrasah dapat dikontrol dengan lebih  2017/2018.

 

 

TABEL JADWAL PROGRAM/KEGIATAN TAHUN 2017/2018

 

 

 

NO.

 

 

SASARAN

 

 

PROGRAM

BULAN

7

8

9

 

10

 

11

 

12

1

2

3

4

5

6

1

Dokumen          KTSP

seluruh                mata pelajaran

Pengaturan     waktu

dan     penggalangan dana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Dokumen          KTSP

seluruh                mata pelajaran

Pembuatan KTSP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Seluruh guru

Peningkatan

kompetensi guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Guru

Standar   ideal   jam

mengajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Perpustakaan

Perluasan

perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Guru dan siswa

Penugasan        studi

literatur                 di perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Guru

Pelatihan           guru

mengenai kecakapan hidup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Seluruh     guru     dan

karyawan

Sosialisasi peraturan

madrasah      kepada guru dan karyawan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Proposal       pelatihan

guru

Pembuatan   rencana

pelatihan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Guru

Pelaksanaan

pelatihan   sertifikasi guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Usulan peraturan

Pembuatan     usulan

peraturan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Seluruh     guru     dan

karyawan

Proposal kemitraan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Perabot

Pengadaan    perabot

pengganti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO.

 

 

SASARAN

 

 

PROGRAM

BULAN

7

8

9

 

10

 

11

 

12

1

2

3

4

5

6

15

Fasilitas     penunjang

perpustakaan

Pendataan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan Proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengajuan proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengadaan   fasilitas

penunjang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Sarana dan prasarana

laboratorium IPA

Pendataan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan Proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengajuan proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengadaan     sarana

dan prasarana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Sarana dan prasarana

laboratorium       Lab, Komputer

Pendataan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan Proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengajuan proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengadaan     sarana

dan prasarana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

Internet

Pengajuan   jaringan

internet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20

Jaringan listrik

Pengajuan perbaikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21

Komputer dan printer

Pendataan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengajuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23

Sarana kesenian

Pendataan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24

Guru

Sosialisasi         pola

kerjasama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25

Tenaga pendukung

identifikasi

kebutuhan      tenaga pendukung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26

Pelayanan madrasah

Peningkatan

pelayanan madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27

Prestasi siswa

Peningkatan prestasi

siswa dan madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

29

Stakeholder

Menjalin  kerjasama

dengan stakeholder

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30

Stakeholder

Komunikasi      yang

intensif         dengan stakeholder

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

31

RKAS

Penyusunan RKAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

32

Guru

Pencarian  informasi

pelatihan             dan peningkatan     mutu

guru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

33

Guru

Mengikutserta-kan

guru                dalam pelatihan             dan

peningkatan mutu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

34

Promosi Madrasah

Publikasi madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

35

Guru

Peningkatan

kompetensi guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

36

Siswa

Sistem   penjaringan

siswa berprestasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO.

 

 

SASARAN

 

 

PROGRAM

BULAN

7

8

9

 

10

 

11

 

12

1

2

3

4

5

6

37

Guru

Pelatihan mengemas

program

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

38

Guru

Peningkatan kualitas

bimbingan          dan penyuluhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan

kesejahteraan guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

39

Siswa baru yang lebih

berkualitas

Meningkatkan

sistem seleksi PSB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40

Komite madrasah

Membentuk   komite

madrasah yang baru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

41

Komite madrasah

Sosialisasi   program

madrasah dan peran komite

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menciptakan

hubungan         yang harmonis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengikutserta-kan

komite            dalam menjalankan

program madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

42

Komite madrasah

Pertemuan    dengan

komite madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43

Warga Madrasah

Pendataan

pemagaran dan pembuatan taman madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan

proposal

pemagaran dan pembuatan taman madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pencarian       dana

pemagaran dan pembuatan taman madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

31


 

 

 

BAB VI

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA  TAHUNAN AHUN 2018

DAN RENCANA KERJA TAHUNAN TAHUN 2019

 

A.   Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2018

 

      Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar

 

 

NO

 

PROGRAM

 

KEGIATAN

target yang akan dicapai

 

ANGGARAN

 

Output

 

Outcome

 

Hambatan

Kualitatif

Kuantitatif

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

 

 

1

Program

Pendidikan Islam

-   Kurikulum dan

Pembelajaran

Kurikulum dan

Pembelajaran Pendidikan Madrasah[Base Line]

 

 

 

 

3 Dokumen

 

 

 

 

 

3 Dokumen

 

 

 

 

Pengadaan Buku

Siswa

Pengadaan Buku

Siswa

(Kurikulum

2013 MTs

 

Tersedianya buku PAI

 

 

262siswa X 5  Mapel Oplah

 

APBM  /

RP. 17.000 000,-

 

 

1.084Oplah

 

Menambah jumlah buku siswa

 

Buku Tidak

Kumplit

 

 

Pengadaaan Buku Pedoman Guru

Pengadaan Buku

Pedoman Guru

(Kurikulum

2013 MTs

 

Tersedianya buku pedoman guru

 

 

14  Oplah

 

APBM  / Rp. 700.000

 

 

14 Oplah

 

Menambah jumlah buku pedoman guru

 

 

 

-   Pendampingan

Kurtilas

Pendampingan

Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah

 

 

 

APBM  /

Rp. 3.000.000,-

 

Meningkatkan

kualitas guru dalam melaksanakan

 

 

 

 

 

 

 

 

KBM di

Madrasah

 

 

 

 

-   Penyelenggaan

Ujian

Penyelenggaraa

n Ujian, MTs, Bidang Studi Keagamaan

 

Siswa memiliki standar penilaian pendidikan

 

 

 

121 Siswa

 

 

APBM  /

Rp. 2.420.000,-

 

 

 

162 Siswa

 

 

Terlaksana dengan baik

 

 

 

 

 

-   Penerimaan BOS

 

 

- Belanja

Bahan

Tersedianya

sarana prasarana dan kegiatan madrasah

 

 

 

1 KEG

 

 

APBM  /

Rp. 7.721.000

 

 

 

1 KEG

 

Menambah sarana prasarana sekolah

 

 

Bahan tidak mencukupi

 

 

 

 

 

- Output

Kegiatan

 

 

 

Terlaksananya kegiatan

 

 

 

1 KEG

 

 

 

APBM  /

Rp. 7.721.000

 

 

 

1 KEG.

 

 

Meningkatkan bakat dan minat siswa

Terlalu banyak

kegiatan siswa, sehingga tidak semua terpenuhi karena kekurangan anggaran

 

 

 

 

 

- Barang Non Operasional Lainnya

 

 

 

Tersedianya saran prasarana madrasah

 

 

 

 

1 MDR.

 

 

 

APBM  /

Rp. 136.888.000

 

 

 

 

1 MDR

Tersedianya

sarana parasarana penunjang kegiatan KBM di Madrasah

 

 

 

Terbatasnya anggaran, sehingga tidak mencukupi

 

 

- Biaya

Pemeliharaan

Gedung dan

Bangunan

 

Terpeliharanya gedung madrasah

 

 

1 MDR

 

APBM  /

Rp. 56.800.000

 

 

1 MDR

 

Terpeliharany a gedung Madrasah

 

 

2


 

 

 

 

- Alat dan perlengkapan belajar mengajar

 

 

Tersedianya peralatan KBM

 

 

 

APBM  /

RP. 8.400.000

 

Tersedianya

alat/bahan penunjang kegiatan KBM

 

Banyak peralatan yang rusak karena sudak termakan waktu

 

 

 

 

- Belanja Modal Lainnya

 

Tersedianya buku dan alat pembelajaran

 

 

APBM  /

Rp. 3.000.000

 

Terpenuhinya

kebutuhan siswa dalam KBM

 

Banayk buku yang rusak

 

 

 

 

-   Penerimaaan

BSM

Siswa MTs

penerima Bantuan Siswa Miskin[Base Line]

 

Terpenuhinya kebutuhan siswa miskin

 

 

 

Siswa

 

 

APBM  /

Rp

 

 

 

Siswa

 

Terlaksana dengan baik/lancar

 

 

 

Persyaratan siswa

 

 

 

 

 

-   Layanan

Perkantoran

 

 

Layanan Perkantoran[Bas e Line]

 

 

Terpenuhinya anggaran operasional

 

 

 

12 Bulan

 

 

 

APBM  /

Rp. 10.250.000

 

 

 

12 Bulan

 

 

 

Terlaksana dengan baik

 

 

 

                      Cianjur , 27 Pebruari 2018

Mengetahui                                                                                                       Ka. Tata Usaha                                                                                                                                          Kepala Madrasah

 

 

Ai MASKUROH,SE                                                                                   SYARIF HIDAYAT

 

 

 

B.   Rencana Kinerja Tahun 2019

 

 

SASARAN

KEGIATAN

 

 

 

 

KET

 

 

URAIAN

 

 

INDIKATOR

TINGKAT

CAPAIAN (TARGET

%)

 

 

PROGRAM

 

 

URAIAN

 

INDIKATOR KERJA

 

 

SATUAN

RENCANA

TINGKAT CAPAIAN (KERJA)

Ruang Perpustakaan Madrasah

Keluaran :

 

Hasil : Tersedianya ruang perpustakaan

 

Program Pendidikan Islam

Belanja modal gedung dan bangunan

Keluaran :

 

Hasil : Terpenuhinya kebutuhan siswa

 

 

1 Ruang

 

 

100 %

 

Ruang

Laboratorium

IPA

Keluaran :

 

Hasil : Tersedianya ruang laboratorium

 

Program

Pendidikan

Islam

Belanja modal gedung

dan bangunan

Keluaran :

 

Hasil : Terpenuhinya kebutuhan siswa

 

 

1 Ruang

 

 

100 %

 

Peralatan

Laboratorium IPA pada Madrasah

Keluaran :

 

Hasil : Tersedianya perlatan laboratorium

 

Program

Pendidikan

Islam

Belanja modal

perlatan dan mesin

Keluaran :

 

Hasil : Tersedianya peralatan praktek siswa

 

 

1 Set

 

 

100 %

 

Sarana dan

Prasarana Penunjang Pendidikan Madrasah

Keluaran :

 

Hasil : Tersedianya sarana dan prasarana

 

Program

Pendidikan

Islam

Belanja Modal

Peralatan dan Mesin

Keluaran :

 

Hasil : Dukungan  sarana prasarana penunjang pendidikan

 

 

 

1 Unit

 

 

 

100 %

 

Kurikulum dan

Pembelajaran

Pendidikan

Keluaran :

 

Hasil :

 

Program

Pendidikan

Islam

- Belanja Modal

Lainnya

- Belanja Modal

Keluaran :

 

Hasil : Terpenuhinya srana

 

 

3 Dokumen

 

 

100 %

 

 

 
SATKER : MTs. Tauhidul Akar Pacet


 

 

 

Madrasah

 

 

 

Lainnya

-  Belanja Barang Non

Operasional Lainnya

prasarana siswa berupa

buku

 

 

 

Siswa MTs

Penerima BOS

Keluaran: Wajar

Dikdas 12 Thn

 

Hasil

:Terselenggaranya

BOS secara Optimal

 

Program

Pendidikan Islam

- Bahan

- Honor Output

Kegiatan

- Pemeliharaan

Perkantoran

- Belanja Modal

Peralatan dan Mesin

- Belanja Modal

Lainnya

Keluaran: Wajar Dikdas 12

Thn

 

Hasil : Terselenggaranya Dukungan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan

 

 

 

 

 

262 Org

 

 

 

 

 

100%

 

Siswa MTs

Penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM)

Keluaran :

 

Hasil : Terselenggaranya BSM secara optimal

 

Program

Pendidikan Islam

 

 

 

 

Belanja Bantuan

Sosial Untuk Perlindungan Sosial dalam Bentuk Uang

Keluaran :

 

Hasil : Terpenuhinya kebutuhan KBM siswa miskin

 

 

 

Siswa

 

 

 

100 %

 

Layanan

Perkantoran

Keluaran :

 

Hasil :

 

 

 

 

60. %

Program

Pendidikan Islam

-Belanja Gaji Pokok

GBPNS

 

Keluaran :

 

Hasil :Terpenuhinya kebutuhan perkantoran

 

 

 

 

12 Bulan

Layanan

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

Khusus/Kegiatan)

-Belanja Keperluan

Perkantoran

-Honor Operasional

Satuan Kerja

-Belanja Langganan

Listrik

-Belanja Langganan

Telepon

-Belanja perjalanan biasa

-Belanja Biaya

Pemeliharaan Gedung dan Bangunan

 

 

 

 

 

 

 

 

Belanja Biaya

Pemeliharaan

Peralatan dan Mesin

-Belanja Bahan

-Honor Output

Kegiatan

-Belanja perjalanan biasa

-Belanja Perjalanan

Dinas Dalam Kota

 

 

 

 

                      Cianjur , 27 Pebruari 2018

Mengetahui                                                                                                       Ka. Tata Usaha                                                                                                                                          Kepala Madrasah

 

 

 

 

Ai MASKUROH,SE                                                                                   SYARIF HIDAYAT

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

7


BAB VII

PENUTUP

 

 

Program/kegiatan yang telah kami susun dan kami rencanakan di awal tahun, telah kami usahakan untuk dapat terrealisasi sesuai dengan  yang kami harapkan. Akan tetapi semuanya tentu tidak akan berjalan dengan mudah dan mulus sesuai keinginan. Pada pelaksanaannya di lapangan banyak ditemukan kendala baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Ada kalanya program yang telah direncanakan untuk terrealisasi pada tahun pertama, ternyata kondisinya bertolak belakang dengan yang diharapkan, sehingga dengan berbagai pertimbangan akhirnya program/kegiatan tersebut harus kami tunda pelaksanaannya.

Demikian juga untuk program/kegiatan yang sebenarnya oleh kami sebagai pihak madrasah telah direncanakan di tahun ke-dua, ke-tiga atau ke-empat, ternyata realisasinya berjalan lebih cepat dari yang diharapkan yaitu pada tahun pertama.

Selain dikarenakan kondisi dan hal-hal lainnya baik yang bersifat teknis maupun non teknis yang kami temui di lapangan, juga karena program/kegiatan yang akan kami laksanakan tidak terlepas dari keberadaan kami sebagai madrasah yang berdiri di bawah naungan yayasan, sehingga terkadang pihak yayasan mempunyai rencana lain dalam hal yang berkaitan dengan program/kegiatan madrasah. Hampir semua program yang kami prioritaskan dapat terlaksana, kecuali beberapa program seperti  perluasan  perpustakaan,  pembangunan  ruang  multimedia,  pembentukan komite madrasah yang baru dan beberapa program/kegiatan yang skalanya kecil ternyata belum dapat terlaksana pada tahun pertama.

Semuanya itu tidak menjadi masalah besar yang dapat mengganggu kinerja madrasah kami, bahkan kami dapat menjadikannya sebagai suatu pelajaran bagi kami agar pada perencanaan program/kegiatan berikutnya antara kami sebagai pihak madrasah dengan pihak yayasan bisa berjalan secara serasi dan sinergis. Dan kami menyadarai bahwa apa yang direncanakan tidak harus selalu terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah kami susun. Rencana program/kegiatan yang kami susun berguna dalam memberikan petunjuk dan penuntun bagi kami dalam menjalankan program/kegiatan  di  madrasah  kami.  Sehingga  ke  mana  arah  madrasah  ini  akan melangkah, bisa terarah dengan jelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Komentar

Postingan Populer